Selasa, 22 Januari 2019

Mahasiswa ini ciptakan tikar untuk cegah amputasi penyakit diabetes

Mahasiswa ini ciptakan tikar untuk cegah amputasi penyakit diabetes,- Penyakit diabetes atau kelebihan zat gula pada darah memang banyak diderita. Bukan penyakit ringan, ada beberapa penderita diabetes yang sampai diamputasi bagian tubuhnya karena infeksi yang terlanjur merusak jaringan dan tulang. Biasanya yang paling sering adalah bagian kaki.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada sekelompok mahasiswa dari Jackson State University yang membuat smart mat atau tikar pintar. Tikar pintar ini akan mendeteksi suhu pada kedua kaki dan akan mengirimkan informasi ke aplikasi smartphone.

"Jika ada perbedaan 4 derajat antara kedua kaki selama periode tertentu, akan beresiko ulserasi," ujar Jann Butler, salah satu mahasiswa.

Ulserasi sendiri merupakan adanya luka terbuka yang mungkin sulit untuk sembuh. Smart mat ini sebenarnya bukan untuk mengobati dan tidak diamputasi, tetapi membantu pasien untuk mendeteksi tanda-tanda awal. Sehingga, mereka lebih waspada dan mencegah adanya anggota tubuh yang diamputasi.

Tikar pintar ini dibanderol dengan harga 500 dollar atau sekitar Rp 600-an ribu. Untuk aplikasi smartphone-nya, para mahasiswa ini masih mengembangkan lebih lanjut agar bisa digunakan secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar