Minggu, 02 Desember 2018

Lindungi mata dengan makanan ini

Lindungi mata dengan makanan ini,- Glaukoma adalah penyebab kebutaan terbesar setelah katarak. Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh peningkatan tekanan cairan di dalam mata. Penyakit ini sering disebut silent disease karena sering tidak menyadari adanya gangguan penglihatan sampai terjadi kerusakan penglihatan yang sudah lanjut. Diperkirakan 50 persen penderita glaukoma tidak sadar dengan penyakitnya tersebut.

Pilihan diet glaukoma dapat membantu pasien glaukoma memperlambat gangguan dan membantu merawat mata mereka. Berikut tips diet untuk melawan glaukoma.

Diet terbaik untuk memerangi glaukoma adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B kompleks. Nutrisi ini akan membantu melindungi mata. Biji, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan segar dan sayuran merupakan sumber nutrisi yang baik.

Hindari kopi, karena kandungan kafein yang tinggi meningkatkan tekanan darah, meningkatkan tekanan dalam bola mata (Tekanan Intra Okular)

Menurut Dr. Shilpa Mittal, pakar nutrisi dan konsultan diet dari Nutrilife Health Management, wortel dan sayuran berwarna hijau tua sangat membantu menurunkan risiko glaukoma hampir 60%.

Minum teh hijau dapat membantu melindungi mata. Sebuah studi menemukan bahwa retina dan humor aqueous (cairan di bagian depan mata) menyerap antioksidan dalam teh hijau.

Latihan aerobik dan peregangan otot dapat menurunkan tekanan mata. Berolahraga minimal selama 40 menit, tiga kali dalam seminggu menjadi kebiasaan yang baik untuk mengurangi tekanan mata.

Meditasi juga melemaskan tubuh dan mengurangi stres. Bernapas dalam-dalam dan berfokus pada napas Anda selama meditasi memungkinkan Anda mengambil lebih banyak oksigen, membuat Anda merasa tenang dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar